"SELAMAT DATANG DI DASI BISNIS | TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA"

Link

Fauns Bojonegoro OnlineMemang bukan barang aneh kalau ada orang yang sukanya coret-coret. Apalagi untuk anak balita yang baru mengenal pensil, corat-coret amat menyenangkan baginya. Saya pun dulu juga begitu, tetapi entah mengapa hobby itu masih bertahan hingga sekarang. Malah corat-coretnya semakin amburadul lagi......

Readmore

Produk BaruKepada pengunjung website yang terhormat. kami mengucapkan selamat datang, semoga dengan adanya website ini dapat menambah pengetahuan dan tali silaturahmi diantara kita. Dalam website ini berisi aspek-aspek yang bersifat tentang pemasaran dan penjualan produk-produk terbaru yang baru kami keluarkan.....

Readmore

Karya Fauns (hasil karyaku website dan blog)Semua website dan blog yang pernah saya buat ada disini silahkan untuk berkunjung kalau temen2 sempat untuk menyempatkan diri berkunjung kesana jangan lupa ninggalin commentnya yach....

Readmore

Buah Ilmu (ilmu seharusnya di bagikan)Sekarang kita akan belajar caranya membuat sebuah virus. Walaupun ini hanya sekedar virus mainan untuk menakuti computer teman kita. Untuk membuatnya, masukan kedalam MS DOS prompt dan pergilah ke directory desktop: C:\Windows\Desktop...

Readmore

ID-fauns (tutorial komputer dan materi kuliah sistem informasi)Temen2 suka edit-edit photo menggunakan layanan photofunia? sekarang tidak perlu repot harus online ke photofunia untuk dapat mengedit photo menggurakan frame dan template keren milik photofunia. karena sekarang ada software yang fungsinya sama persis sperti photofunia, yaitu photoshine....

Readmore

Fauns Personal (blog pengalaman pribadi)Pada suatu hari aku pulang dari sekolah. Tepatnya pada terik matahari yang memancarkan cahayanya disiang hari. Aku dan haris sama-sama pulang kerumah dengan temen-temenku lainya. Mempunyai ide untuk mencari mangga disebuah tempat, tetapi aku tidak tahu dimana pohon mangga itu. Aku bertanya kepada haris?”ris diman tempat pohon mangga itu”. Haris menjawabnya?....

Readmore

Imago BojonegoroIMAGO (Ikatan Mahasiswa Bojonegoro-Jogja). Merupakan wadah perkumpulan bagi mahasiswa asal Bojonegoro di Yogyakarta. Beranggotakan berbagai perguruan tinggi (UGM, UII, Stimik Amikom, UNY, UPN, UIN, UTY, dll)....

Readmore

Rss

Rencanan pemasaran (Marketing Plan)

Posted by RIfaun Naim | Labels: Bisnis | Posted on

Ruang Lingkup Marketing Plan
Marketing plan merupakan bagian dari business plan. Menurut Bygrave, perencanaan pemasaran ini harus melakukan penganalisaan terhadap situasi perusahaan danlingkungannya, analisa dan penilaian peluang, kekuatan, kelemahan, kendala yang dihadapi juga gambaran sasaran konsumen dan strategi pemasaran yang digunakan. Inti utama dari pelaksanaan marketing plan ini adalah :
1. Analisa siatuasi lingkungan dan peluang pasar
2. Mengembangkan sasaran pemasaran
3. Menetapkan strategi pemasaran
4. Menciptakan taktik atau tindakan pelaksanaan

Kriteria marketing plan yang baik adalah :
1. Berdasarkan fakta dan asumsi yang benar
2. Teknik promosi yang efektif
3. Respon perubahan harga di pasar
4. Jaringan saluran distribusi
5. Keadaan persaingan yang sehat
6. S W O T perusahaan yang baik
7. Sumberdaya yang memadai

Konsep A I D A + S
Adapun konsep AIDA+S ini dapat diartikan sebagai berikut :
    A = attention (perhatian)
    I = Interest (tertarik)
    D = Desire (keinginan)
    A = Action (tindakan)
    S = Satisfaction (kepuasan)
Konsep ini berlaku bagi usaha yang kegiatannya menarik konsumen.

Konsep Pemasaran Yang Harus Dilaksanakan
Konsep produk (Product Concept)
a. Orientasi pada produk (Product Orientations)
b. Orientasi penjualan (Selling Orientations)
c. Orientasi pasar (Market Orientations)
d. Orientasi tanggungjawab (Responsibilities Orientations)

Pendekatan Pemasaran
1. Commodity Approach (Pendekatan Komoditas)
2. Institutional Approach (Pendekatan Institusional)
3. Functional Approach (Pendekatan Fungsional)
 
Komoditi Yang Akan Dipasarkan

1. Barang konsumsi :
    a. Barang konvinien
    b. Barang Shopping
    c. Barang spesial
    d. Barang instan
2. Barang hasil bumi
3. Barang industri
4. Jasa

Strategi Pemasaran
Merupakan pola keputusan dalam perusahaan yang menentukan sasaran, maksud atau tujuan yang menghasilkan kebijaksanaan utama dan merencanakan untuk pencapaian tujuan serta merinci jangkauan bisnis yang akan dicapai. Strategi pemasaran adalah memilih dan menganalisa pasar sasaran yang merupakan suatu kelompok orang yang ingin dicapai oleh perusahaan dan menciptakan suatu bauran pemasaran yang cocok dan yang dapat memuaskan pasar sasaran tersebut.
Ada dua variabel yang harus diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran, yaitu :
1. Variabel yang dapat dikontrol :
    a. Segmentasi pasar
    b. Anggaran pasar
    c. Waktu
    d. Bauran pemasaran
2. Variabel yang tidak dapat dikontrol :
    a. Keadaan persaingan
    b. Perkembangan teknologi
    c. Perubahan demografi
    d. Kebijakan politik dan ekonomi oleh pemerintah
    e. Sumberdaya alam

Pengembangan Produk
Tujuan utama dari pengembangan produk adalah :
1. Memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen
2. Memenangkan persaingan
3. Meningkatkan volume penjualan
4. Memberdayakan sumber-sumber produksi
5. Mencegah kebosanan konsumen

Menyusun Marketing Plan
Format perencaan pemasaran pada setiap perusahaan tidak mesti sama, akan tetapi tergantung dari bentuk perusahaan yang akan melakukan pemasaran. Sebagai acuan, berikut contoh format marketing plan yang biasa digunakan :
1. Analisa situasi (SWOT) perusahaan
2. Tujuan pemasaran
3. Strategi inti/utama
4. Jadwal pelaksanaan
5. Anggaran pemasaran
6. Pengawasan/kontrol

8 comments:

Unknown mengatakan...

yang analisis SWOT untuk perusahaan yang baru berdiri gimana gan caranya ?
terima kasih

Anonim mengatakan...

apakah ada yg punya contoh marketing plan yg sudah berjalan? klu sudah blh dong di share sy lg dpt tugsa utk menyusunnya.

Kawasan Kota Mandiri Terlengkap di Timur Cibubur Perumahan Citra Indah mengatakan...

Nice Info Gan Thanks

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Koma Production mengatakan...

mickie & to all.. : coba d lo telaah lagi dari penulisan... apa yg dia sampaikan.. dan apa yg jadi pertanyaan.. gunakan pikiran sedalam2nya.... dan kalian bakalan tau.. apa itu marketing..
Kalo belon nemu , gw cuma mau bilang... ini adalah dunia marketing... bukan dunia Sains.. yg 1+1 sudah pasti 2..

Lowongan Kerja CPNS Terbaru mengatakan...

Terimakasih infonya, izin save untuk dipelajari ya

Unknown mengatakan...

saya baru kali ini mendapat tugas untuk membuat marketing plan, ada yang bisa bantu atau share kesaya contoh marketing plan yang benar

Posting Komentar